Sumedang Puseur Budaya Sunda - Sumedang Pusat Budaya Sunda - Sumedang Centre Of Sundanese Culture

Wabup Kunjungi Desa Margalaksana Sumedang Selatan

Dalam kunjungan kerjanya ke Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan, Selasa (28/12), Wakil Bupati H. Taufiq Gunawansyah, SIP meresmikan beberapa proyek pembangunan yang bersumber dari dana P2IP (Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan) dan swadaya masyarakat. 
Turut hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi V DPR RI Drs. H. Eldi Suwandi, Anggota DPRD Kabupaten Sumedang, unsur Muspika Sumedang Selatan, para Kades dan Lurah se-Kecamatan Sumedang Selatan, tokoh masyarakat, pengurs TP PKK dan Kader Desa, serta tamu undangan lainnya.

Menurut Kades Margalaksana Andre Yansyah Muhtar, SE, proyek-proyek pembangunan yang akan diresmikan penggunaannya tersebut terdiri dari Kantor Desa  Margalaksana, empat Jalan Dusun yaitu Jalan Dusun Ciguling (panjang 300 M lebar 2 M), Jalan Dusun Cihuut (panjang 700 M lebar 2 M), Jalan Dusun Cilayung (panjang 800 M lebar 2 M),dan  Jalan Dusun Margapala (panjang 1700 M lebar 3 M), serta jembatan Kareumbi yang memiliki panjang 8 M dan lebar 5 M.

Di dalam arahannya, Wabup mengatakan, proses pembangunan itu  tidak hanya sampai pada peresmian saja. Akan tetapi hasil-hasil pembangunan tersebut harus dipelihara keberlangsungannya. “Contohnya, pembangunan jalan harus juga disertai dengan pemeliharaan drainasenya. Karena tanpa itu, jalan akan kembali mudah rusak, apalagi di musim hujan  karena tergerus air,” tuturnya.

Di samping semangat warga masyarakat yang tinggi dalam membangun, lanjut Wabup, potensi kemajuan Desa Margalaksana adalah posisinya yang sangat strategis yang tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang. 

Wabup optimis bahwa Desa Margalaksana bisa menjadi penyangga bagi kawasan wisata Kampung Toga, bahkan bisa melebihinya jika benar-benar bisa mengelola potensi yang ada. “Usaha pengembangan wisata akan lebih menjamin dalam meningkatkan ekonomi karena mempunyai sifat multiple effect terhadap sektor-sektor yang lain. Jadi tetap kuncinya adalah pada pembangunan infrastruktur sebagai akses menuju tempat wisata tersebut,” jelas Wabup. 
                                                                                                   
Kades berharap dengan telah dibangunnya sarana infrastruktur tersebut, warga masyarakatnya akan mengalami perubahan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan karena dengan fasilitas tersebut akan meningkatkan mobilitas warga. “Walaupun desa kami baru berumur satu tahun sejak dimekarkan, namun kami akan mengejar ketinggalan kami, mensejajarkan diri dengan desa-desa yang lain,” tutur Kades.
Masih dalam kunjungan kerjanya ke desa Margalaksana, Wabup berkesempatan meninjau lokasi tempat wisata alam Kampung Ladang di Dusun Pasirpeti yang dikelola oleh Zulfiadi Burhan. Kedatangan Wabup beserta rombongan disambut dengan pementasan seni Kendang Penca, Lisung Tutunggulan, dan  Kacapi suling.

Di lokasi yang memiliki luas lebih kurang 3 Ha tersebut Wakil Bupati menanamkan pohon hanjuang sebagai tanda dan harapan akan lestarinya alam. Fasilitas yang disediakan oleh Kampung ladang diantaranya sarana outbond, dapur hawu, saung lesehan, gerai cindera mata hasil kerajinan masyarakat setempat, serta wisata seni budaya.

Sumber : Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kabupaten Sumedang

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kesediannya memberi apresiasi di blog ini.
Salam.
Damai di hati. Damai di bumi.

Berita Lainnya

Catatan

Komentar Terakhir

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008. Modifikasi: Insanitis 37

Mohon maaf jika ada hak cipta yang terlanggar karena keceroboan dari tim www.taufiq-gunawansyah.com. Jika ada yang merasa terugikan, harap sudi menegur kami di Sini Terima kasih

Back to TOP