Sumedang Puseur Budaya Sunda - Sumedang Pusat Budaya Sunda - Sumedang Centre Of Sundanese Culture

Sumedang Warnai Opening SIPA

Kabupaten Sumedang menjadi salahasatu dari 2 perwakilan Provinsi Jawa Barat yang diundang mengikuti Solo International Performing Arts (SIPA) berlangsung 16 – 18 Juli 2010, di Pamedan Istana Mangkunegara Solo, Surakarta, Jawa Tengah. Diikuti 30 peserta dari Luar dan Dalam Negeri yang menampilkan seni pertunjukan berskala internasional.
Rombongan seni Sumedang diwakili oleh Rakitan Budaya Sunda Sumedang Pimpinan Agus Bejo, tampil sebagai pagelaran pembuka. Hal tersebut disampaikan Bagus Noorachmat salahsatu anggota Komisi C yang mendampingi delegasi Sumedang, kepada SumedangOnline.

Bagus berharap dengan mengikuti event internasional tersebut Sumedang dapat menyelenggarakan event serupa.

“Kedepan harapan kita tidak muluk dan ingin mensejajarkan diri dulu dengan Kota Solo yang yang sudah mapan dalam segalanya sebagai icon kota budaya, namun kita berharap dengan mempersiapkan hal – hal yang masih kurang”Ujar Bagus.

Acara yang bertajuk event internasional merupakan acara tahunan, yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Surakarta, mengingat Solo adalah Kota Budaya.

Selain Bagus, turut hadir mendampingi delegasi Sumedang Ketua Komisi C Drg. Juliadi Rahmat, Wakil Bupati Sumedang Taufik Gunawansyah S.Ip., Kabid Budaya Disbudpora Kabupaten Sumedang Cucu Suryadibrata.

Lebih lanjut Bagus menuturkan, kesenian yang ditampilkan di SIPA hanya sebagian kecil kesenian yang ada di Sumedang. Ia dan Rombongan merasa berbangga diri dengan pengakuan Pemerintah Kota Solo terhadap Sumedang.

Namun dibalik kebanggan tersebut ia-pun mengkritisi para seniman seperti tampil dadakan dan kurang persiapan, hal inilah yang menuntut keinginannya untuk kelak Sumedang mengadakan event kecil setingkat Kecamatan, kemudian diseleksi dan diambil untuk diwakilkan dievent tingkat Kabupaten dan seterusnya.

Sementara itu Ketua Penyelenggara Dra. Irawati Kusumorasri, M.Sn. mengaku bangga menyaksikan pertunjukan yang dipertontokan anak – anak kota tahu Sumedang, bahkan mereka mengharapkan Sumedang dapat mencontoh dan SIPA siap membantu mendukungnya, seperti di tuturkan Bagus Kepada Sumedangonline.

Wakil Bupati Sumedang Taufiq Gunawansyah S.Ip. saat dimintai komentarnya, menyebutkan banyak hal yang perlu didiskusikan mengingat banyaknya inspirasi yang didapat dari event sekaliber SIPA, jelasnya.(igun gunawan, nanang sutisna, hadi barkah)**
Sumber: http://sumedangonline.com/2010/07/18/sumedang-warnai-opening-sipa

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kesediannya memberi apresiasi di blog ini.
Salam.
Damai di hati. Damai di bumi.

Berita Lainnya

Catatan

Komentar Terakhir

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008. Modifikasi: Insanitis 37

Mohon maaf jika ada hak cipta yang terlanggar karena keceroboan dari tim www.taufiq-gunawansyah.com. Jika ada yang merasa terugikan, harap sudi menegur kami di Sini Terima kasih

Back to TOP